Brotowali

brotowaliBrotowali merupakan tumbuhan yang tumbuh liar di hutan, ladang atau kita juga bisa menanamnya. Brotowali sangat suka pada tempat yang panas, tumbuhan ini termasuk perdu dan memanjat. Memiliki tinggi batang hingga 2,5 m dengan besar batang sebesar jari kelingking, berbintil-bintil rapat dan memiliki rasa yang pahit. Tumbuhan ini juga merupakan tumbuhan daun tunggal, bertangkai, dengan bentuk daun seperti jantung atau agak mirip seperti bundar telur berujung lancip, dengan panjang daun 7-12 cm dan lebar 5-10 cm. Bunganya berukuran kecil, dengan warna hijau muda dengan bentuk tandan semu. Tumbuhan ini juga dapat diperbanyak dengan cara stek.

Sifat kimiawi dan efek farmakologis :

Brotowali terkenali dengan rasanya yang pahit dan sejuk. Brotowali juga berguna sebagai penghilang rasa sakit, penurun panas dan melancarkan meridian.

Kegunaan :

  1. Rheumatic arthritis, rheumatik sendi pinggul dan memar.
  2. Demam, merangsang nafsu makan, demam kuning.
  3. Kencing manis

Cara pemakaian :

Diperlukan sekitar 10-15 gr batang brotowali untuk pengobatan. Untuk luka luar, air rebusan batang brotowali tersebut dipakai untuk membasuh luka-luka seperti koreng, kudis dan lain-lain. Sedangkan untuk pemakaian lainnya seperti :

  1. Rheumatik: 1 jari batang brotowali kemudian cuci dan dipotong-potong seperlunya, kemudian rebus batang tersebut dengan 3 gelas air, rebus hingga sisa 1½ gelas. Setelah dingin, saringlah air rebusan tersebut dan tambahkan dengan madu secukupnya. Minum sehari 3 x ½ gelas.
  2. Demam kuning: 1 jari batang brotowali kemudian cuci dan dipotong-potong seperlunya, kemudian rebus batang tersebut dengan 3 gelas air, rebus hingga sisa 1½ gelas. Setelah dingin, saringlah air rebusan tersebut dan tambahkan dengan madu secukupnya. Minum sehari 2 x ¾ gelas.
  3. Demam : 2 jari batang brotowali kemudian cuci dan rebus dengan 2 gelas air, rebus sampai sisa 1 gelas. Setelah dingin, saringlah dan tambahkan dengan madu secukupnya, diminum sehari 2 x ½ gelas.
  4. Kencing manis : ? genggam daun sambiloto, ? genggam daun kumis kucng, ¾ jari (±6 cm) batang brotowali. Cuci dan potong-potong batang brotowali tersebut. Rebuslah ketiga bahan tersebut dengan 3 gelas air, rebus hingga sisa 2 gelas. Saringlah dan minum setelah makan, sehari 2 x 1 gelas.
  5. Kudis : 3 jari batang brotowali, belerang sebesar kemiri. Cuci dan tumbuk sampai halus, diremas dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit yang terkena kudis. Sehari 2 kali.
  6. Luka : Daun ditumbuk hingga halus, letakkan pada luka. Sehari 2 kali. Untuk mencuci luka, dipakai air rebusan batang brotowali tersebut. :-)
About these ads

Tags:

36 Responses to “Brotowali”

  1. hermanto Says:

    Brotowali kalau sudah dijemur (kering) apa masih berkasiat? Terimakasih

  2. linkzdarc Says:

    Khasiatnya sih masih sama. Masak dulu dengan direbus dengan air secukupnya.

  3. Alex Says:

    Apakah ramuan Brotowali juga dapat membantu menghilangkan bekas luka seperti cacar dan jerawat? Terima kasih.

  4. linkzdarc Says:

    Brotowali ini hanya mencegah luka dari infeksi, jika anda ingin menghilangkan bekas luka atau jerawat sebaikya anda menggunakan tumbuhan lidah buaya ataupun ramuan daun asam jawa.

  5. Teddy Says:

    Utk diabetes mohon diberikan info berapa banyak per jenis ramuan. Di posting diatas keluarnya tanda tanya bukan angka.

    Apakah ada bacaan lebih jauh utk pengobatan diabetes ini?
    Terima kasih banyak atas informasi yg tersajikan.

    teddy

  6. nisa Says:

    katanya brotowali bisa menyembuhkan cacingan? apa benar itu?

  7. linkzdarc Says:

    Untuk mas teddy, masing2 diperlukan 3 genggam saja.
    Kalo bacaan saya rasa sudah banyak buku2 tentang pengobatan yang beredar. Anda juga bisa melihat dari buku2 tersebut.

  8. linkzdarc Says:

    Untuk mbak nisa, memang brotowali itu bisa mencegah cacingan. Itu dikarenakan di brotowali itu terdapat zat (saya lupa namanya) yang mampu mencegah cacingan tersebut.

  9. maleputra Says:

    Tangan saya gatal2 dan sdh lama, sdh saya kasih obat pabrikan, sembuh lalu kambuh lagi, apa bisa brotowali menyembuhkan ? T.kasih sebelumnya…

  10. imelda Says:

    Btw apa brotowali bisa menyebabkan keracunan?
    soalnya beberapa waktu yang lalu saya mengkonsumsi-nya dan ternyata liver saya jadi meradang (SGOT SGPT-nya naik)
    Thanx

  11. linkzdarc Says:

    Untu mas maleputra. Brotowali memang dapat mengobati gatal-gatal. Silahkan anda mencoba. Maaf kalo saya telat membalasnya.

  12. linkzdarc Says:

    untu mbak imelda. Apakah mbak imelda mengkonsumsi brotowali tersebut secara teratur ? Apakah mbak imelda sebelumnya ada mengidap penyakit yang berakibat pada liver .. ?

    Kalo menurut survey saya, saya belum pernah mendapatkan orang yang mempunyai kasus seperti mbak imelda. Insya Allah saya akan mencari solusinya.

    Terima kasih.

  13. Jimmy Sartika Says:

    Saya punya alergi dingin serta makanan laut, saya coba ke shinse dan ke dokter spesialis alergi, tetapi tetap kulit saya sensitif, sehingga kalau sedang alergi, kulit di tangan dan badan bentol-bentol merah dan gatal. setelah saya baca di internet, saya mencoba minum rebusan kering sambiloto, alhamdullilah alergi saya pun sembuh. mudah2an bermanfaat buat teman2. supaya rebusan tidak pahit, ditambahkan madu 2 sendok.
    Jimmy

  14. anki Says:

    hi!

  15. Gita Says:

    apa brotowali sama dengan butrowali dan botrowali?

  16. widiajessti Says:

    terkait dengan fungsi brotowali untuk pengobatan diabetes
    apakah benar brotowali bisa memaksimalkan kinerja pankreas.

    bagaimana jika dikonsumsi tanpa teman2nya seperti dalam ramuan diatas?

  17. Ummu masyhudi Says:

    Di solo karanganyar budidaya brotowali trkenal sulit.apa hawanya kurang panas? Saya coba tanam seteknya kok ga brhasil.browsing ttg budidayanya jg ga ada.smntr harganya makin mahal.ada info dr anda?

  18. rina Says:

    Saya pernah dengar kalo brotowali ini dpt memperbaiki kualitas sperma yaitu dgn meminum air rebusannya. Apakah ini benar?

  19. teuingsaha Says:

    pahiiiiiiiiiit

  20. teuingsaha Says:

    tampilan nya jelek,dan tidak menarik udah itu bentol bentol pula.
    tapi khasaiatnya coy

    hidup brotowali
    pilih Brotowali sebagai presiden

  21. Gez Says:

    apa brotowali bisa dijadikan minuman?

  22. ana Says:

    apakah brotowali bisa diminum untuk mengeringkan/menyembuhkan jerawat?kalau yach, sehari minum berapa kali?

  23. Petty Says:

    Aku mau tny, apa benar brotowali bs membantu kualitas sperma? Thxs

  24. _bEy_ Says:

    waahhh….
    obat kSukaaN gW niH….
    eNaK cHoY…

  25. sari Says:

    saya pernah denger, katany brotowali bisa d pakai untuk mempercepat gerak sperma. bnar ga y????

  26. Obat Tradisional buat Balita « MyunusW Says:

    […] lain dari brotowali juga bisa dibaca disini dan juga […]

  27. widya wida Says:

    apakah benar batrawali bisa menyembuhkan jerawat jika rutin diminum???

  28. alexbunawar Says:

    apakah brotowali juga dapat menurunkan gula darah dan dimana bisa dibeli ekstrak brotowali sdh dikemas dlm capsul dan berapa harganya ?

  29. linkzdarc Says:

    Brotowali dapat menurunkan gula darah jika diminum secara rutin dan teratur.
    Kalau masalah harga, saya kurang tahu. Mungkin anda bisa mencari di toko jamu atau apotek terdekat

    Terima kasih

  30. linkzdarc Says:

    Insya Allah,
    Saya sarankan mbak widya minum secara rutin dan teratur
    dan juga mbak widya menjaga makanan yang dapat merangsang pertumbuhan jerawat seperti makanan berlemak, susu olahan, gula olahan. kafein dan makanan olahan
    Diharapkan anda juga rutin menjaga kebersihan wajah.

  31. linkzdarc Says:

    saya juga baru tahu :D

  32. linkzdarc Says:

    Insya Allah bisa
    mbak ana bisa minum 2x sehari
    dan selalu menjaga kebersihan wajah ya :D

  33. linkzdarc Says:

    cukup minum 1x sehari saja :D

  34. linkzdarc Says:

    sama mbak gita, cuma beda daerah beda penamaan aja :D

  35. linkzdarc Says:

    bisa saja mbak,
    akan tetapi untuk memaksimalkan kinerja pankreas tersebut memang disarankan untuk dikonsumsi bersama rekan² lainnya.

  36. linkzdarc Says:

    untuk masalah ini saya kurang tahu, tapi setahu saya brotowali tumbuh sebagai tanaman liar di hutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: